Mau Pasang Keramik untuk Lantai Dapur, Cek Dulu Ini!

    Bisa dilihat, dari dulu hingga sekarang keramik memang masih menjadi material paling utama jika sudah berurusan dengan lantai rumah, entah itu rumah pribadi maupun premium luxury apartment. Bagaimana tidak, penggunaan material satu ini dapat membuat rumah tampak makin cantik, oleh karena itulah tidak heran jika masih banyak digunakan oleh para penghuni. Di samping itu, keramik juga sangat tahan air, sehingga sekalipun ketumpahan air yang sangat banyak tidak akan membuatnya cepat rusak bahkan retak. 
Interior Dapur dengan Lantai Keramik
Source: simomot

    Meskipun demikian, saat Anda berniat untuk membeli keramik ini dan nantinya akan digunakan sebagai lantai dapur, maka ada baiknya perhatikan dulu beberapa hal penting berikut ini, di antaranya: (dikutip dari: media.rooang)

1.    Keramik warna putih boleh, asal rajin membersihkannya. Sebagian dari penghuni mungkin banyak yang lebih memilih keramik berwarna putih, mengingat warna ini memberikan kesan yang sangat menarik saat diaplikasikan langsung di dalam hunian. Namun, khusus untuk dapur, Anda tentu harus berpikir ulang. Bukannya tidak boleh, takutnya nanti keramik ini cepat kotor saat kejatuhan makanan maupun ketumpahan masakan. Jika Anda rajin membersihkannya setiap hari, tentu ini tidak akan menjadi masalah yang berarti, bukan?

2.    Pilih keramik yang permukaannya tidak licin. Ketika Anda membeli keramik yang akan dipasang pada bagian dapur rumah, pastikan untuk memilih keramik yang permukaannya tidak licin, ya. Mengapa? Yap, ini dilakukan untuk mengantisipasi agar keramik tersebut tidak licin saat diinjak ketika kejatuhan makanan berminyak. Dan yang paling pentingnya adalah pilihlah keramik dengan material yang mudah dibersihkan, tujuannya untuk mempermudah kerja Anda pada saat membersihkannya. 

3.    Baiknya pilih keramik yang memang sesuai dengan kebutuhan. Saat membeli keramik untuk dapur, alangkah baiknya sesuaikan keramik tersebut dengan kebutuhan dapur Anda. Maksudnya adalah pilihlah ukuran keramik yang sesuai dengan ukuran dapur Anda. Apabila dapur berukuran kecil, maka pilihlah keramik kecil agar terlihat semakin menyatu, begitupun sebaliknya. Selain itu, Anda pun harus memerhatikan harga keramik yang dijual agar sesuai dengan anggaran yang sudah ditabung sebelumnya. 

Selain poin yang sudah disebutkan di atas, hal lainnya yang harus diperhatikan adalah menyesuaikan warna keramik dengan tema dapur, memilih material keramik yang berstektur kuat, dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat! –SH–

Comments