Manfaat yang Didapat dari Renang Secara Rutin

Renang menjadi aktivitas yang disenangi oleh siapa saja tanpa mengenal usia. Entah tua atau muda, berenang menjadi sesuatu yang menyenangkan untuk dilakukan. Tak heran deh jika wahana bermain air di Jakarta selalu dipadati oleh pengunjung. Nah, renang ternyata tak hanya menyenangkan, tetapi juga memiliki banyak manfaat, lho. Apa saja manfaat yang didapat dari renang? Berikut daftarnya:

1.    Melatih sistem pernapasan dan kardiovaskuler. Berenang dapat membantu melatih pernapasan dan juga kardiovaskuler. Pasalnya, renang secara rutin bisa meningkatkan konsumsi oksigen dan juga peningkatan jumlah darah yang dipompa setiap kali jantung berdenyut. Itu artinya, jantung pun akan mengalami peningkatan kinerja dan lebih kuat.

2.    Tubuh lebih rileks. Untuk Anda yang sibuk bekerja sepanjang waktu dan mudah stress, renang bisa membantu Anda lebih tenang dan lebih rileks. Pasalnya, para ahli telah mengatakan bahwa renang bisa menjernihkan pikiran, melemaskan otot-otot yang kaku, serta membuat Anda lebih positif. Tidak hanya itu, pergerakan di dalam air juga membantu Anda untuk mendapatkan relaksasi yang dibutuhkan. Tidur pun akan terasa lebih nyenyak setelah berenang.

3.    Mencegah dari berbagai penyakit. Tentu, Anda pun tahu bahwa berenang secara rutin bisa membuat tubuh lebih fit. Hanya saja, menurut penelitian, renang secara rutin bisa mengurangi risiko penyakit berbahaya seperti diabetes, stroke, atau bahkan jantung. Coba deh terapkan aktivitas renang setiap hari atau tiga kali seminggu selama 30 menit. 

4.    Menurunkan berat badan. Bagi Anda yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, renang bisa menjadi alternatif yang bisa dicoba. Pasalnya, ketika Anda renang selama satu jam, maka tubuh pun akan secara aktif membakar kalori. Setidaknya, 600 kalori akan terbakar ketika Anda berenang. Untuk itu, jangan lupa masukkan aktivitas ini ke dalam jadwal harian Anda, ya.

5.    Membangun massa otot. Otot trisep atau sisi belakang lengan atas, ternyata akan mengalami peningkatan massa setiap kali Anda berenang. Ketika Anda renang secara rutin setidaknya selama dua bulan, massa otot ini pun akan terbentuk dengan sendirinya.
Itu dia manfaat renang yang mungkin Anda dapatkan secara rutin. Semoga membantu dan selamat mencoba, ya!

Comments