Keliling Indonesia dan Cicipi Makanan yang Ada di Aruna dan Lidahnya!

Aruna dan Lidahnya
Source: viva
Pecinta kuliner sekaligus travel, wajib tonton film Aruna dan Lidahnya! Di Bioskop terdekat. Kenapa? Karena dalam film ini kamu akan diajak berkeliling Indonsia dan disuguhkan dengan berbagai makanan nusantara yang mungkin belum semuanya kamu tahu. Sehabis nonton, enggak ada salahnya juga kalau mau langsung coba keliling Indonesia dengan asuransi perjalanan murah sekaligus coba makanan yang ada dalam film Aruna dan Lidahnya. Kalau kamu memang niat untuk melakukannya, catat beberapa daerah beserta makanan khas-nya di bawah ini!

•    Pengkang dan Sambal Kepah, Pontianak
Pernah dengar makanan yang satu ini? Makanan ini enggak seasing namanya kok. Kalau kamu coba pasti kamu familiar dengan rasanya. Pengkang ini sekilas mirip dengan lemper bakar yang biasa kamu coba. Namun pengkang memiliki isian ebi dan dijepit dengan batang bambu. Kemudian pengkang dibakar dan disajikan dengan sambal kerang nikmat yang biasa disebut dengan sambal kepah. 

•    Choi pan, Pontianak

Masih di daerah Pontianak, kali ini ada choi pan. Kalau dlihat sekilas, choi pan mirip seperti pangsit basah atau seperti hakkau. Tapi saat kamu menggigit choi pan, kamu akan tahu sendiri bedanya choi pan dengan kedua makanan tersebut. Choipan merupakan sayuran yang dibungkus semacam kulit lumpia yang tipis kemudian dikukus. Biasanya sayuran yang digunakan untuk membuat choi pan adalah kucai atau bengkuang. Di atas choi pan juga ditaburi bawang putih goreng yang semakin mempersedap cita rasanya. 

•    Campor Lorjuk, Madura

Buat kamu yang belum tahu, Campor Lorjuk ini merupakan makanan khas Pulau Madura. Lorjuk merupakan sejenis kerang yang banyak ditemukan di Madura. Campor Lorjuk sendiri merupakan makanan yang terdiri dari lontong, bihun, remahan keripik khas Madura yang berbahan dasar singkong yang disiram kuah merah pedas berisi tauge dan lorjuk.

•    Rujak Soto, Banyuwangi

Rujak atau soto? Tak perlu bingung, rujak soto adalah makanan khas Banyuwangi yang rasanya sangat berbeda dengan rujak atau soto yang biasa kamu makan. Rujak soto merupakan makanan berkuah yang berisi sayuran rebus, daging, jeroan, mie kuning, lontong, dan tahu goreng yang dicampur dengan bumbu petis. (Source: idntimes)

Jadi, daerah mana dulu nih yang mau kamu cicipi makanannya? (Rima)

Comments