Perubahan Drastis Antara Sekarang dan Dahulu Sebelum Adanya Internet

Kini penggunaan internet bukanlah sesuatu yang terlihat istimewa lagi. Sebab, kita bisa dengan mudah mendapatkan akses internet cepat. Hampir setiap aktivitas sehari-hari dilakukan dengan bantuan internet. Tapi sadarkah kamu kalau ada banyak hal yang berubah secara signifikan dalam kehidupan kita dengan datangnya internet? Mungkin beberapa dari kamu tidak pernah merasakan zaman sebelum ada internet, jadi kamu tidak merasakan perubahan yang signifikan. Beginilah beberapa perbandingan sekarang dan dahulu sebelum ada internet
internet user
(source: ucom)

•    Hiburan di mana pun dan kapan pun

Saat butuh hiburan di akhir pekan, apa yang akan kamu lakukan? Jika sedang malas ke luar rumah, sebagian besar orang akan mencari hiburan di internet. Entah itu membaca e-book, menonton film kesukaan, atau bermain game online. Di luar rumah pun, tak jarang orang-orang yang mengakses internet untuk hiburan. Nah, zaman dahulu, orang-orang tidak bisa semudah itu mencari hiburan. Jika di rumah, paling-paling hanya televisi yang bisa menjadi sumber hiburan. Televisi pun hanya menayangkan siaran yang terjadwal, sehingga orang-orang harus stand by di jam yang sama untuk menonton acara favoritnya. 

•    Informasi tersebar cepat
Sebelum ada internet, jangan harap kamu bisa up to date soal gosip atau pun berita penting jika tidak rajin-rajin memeriksa media yang ada seperti koran, radio, maupun televisi. Berbeda dengan zaman sekarang, hal-hal sepele yang menarik perhatian masyarakat pun mudah tersebar dengan cepat atau bisa dikatakan viral. Kita tak perlu susah payah mencari tahu tentang informasi terkini, biasanya informasi tersebut akan kita ketahui baik sengaja ataupun tidak sengaja melalui internet.  

•    Tak perlu belanja langsung ke toko
Dahulu, belum lengkap rasanya kalau belanja tidak datang ke tokonya secara langsung. Orang-orang harus menyiapkan waktu dan tenaga ekstra untuk memilih barang-barang yang ingin dibeli. Semenjaka ada e-commerce, berbelanja pun menjadi lebih mudah. Hanya butuh akses internet, kita bisa melihat-lihat barang yang ingin kita beli secara detail tanpa harus takut tertipu karena sudah banyak e-commerce yang menjamin keamanan penjual. 

Namun, di antara semua kemudahan yang diberikan internet, beberapa orang mungkin juga merindukan aktivitas di mana belum ada internet. Sebab sebelum ada kemudahan ini, mereka lebih aktif bergerak, berinteraksi dengan orang-orang lain, dan menjalani kehidupan lebih yang lebih luas dari layar gadget. (Rima)

Comments