Mengulik Perdebatan Tomat Sebagai Buah atau Sayur

Tomat seringkali memicu perdebatan terkait statusnya sebagai buah atau sayur. Banyak yang menyebut tomat sebagai sayur karena tomat sering digunakan sebagai sayuran. Contoh sederhananya, ketika Anda hendak mengolah salad sayuran, yang pastinya Anda lakukan adalah pergi ke pasar dan membeli beberapa jenis sayuran seperti selada, wortel, dan tomat, serta membeli dressing di tempat jual minyak zaitun. Jarang sekali Anda membeli tomat untuk dijadikan sebagai buah. 
Tomat
Source: tempo.co

Well, bicara soal perdebatan antara tomat sebagai buah atau sayur, ternyata hal ini pernah dibawa ke pengadilan, lho. Hal ini terjadi sekitar abad 19 ketika US Supreme Court mendapatkan kasus dari importir buah yang mempertanyakan pajak tomat. Saat itu, tomat masuk ke dalam kategori buah dan bukan sayur. Dalam urusan impor, buah sama sekali tidak dikenakan pajak, sementara sayur dikenakan pajak sebesar 10%.

Pengadilan pada akhirnya memberi keputusan bahwa tomat bukanlah buah dan masuk ke dalam kategori sayur. Alasannya karena tomat seringkali digunakan sebagai sayuran, misalnya untuk salad, sup, topping pada sandwich, pelengkap tumisan, dan lain sebagainya. Sementara itu, tomat sangat jarang digunakan sebagai buah untuk kue kering, makanan pencuci mulut, dan makanan lain yang biasa diolah menggunakan buah. Sejak saat itupun, tomat digolongkan sebagai sayuran dan harus dikenai pajak ketika diimpor.

Setelah perdebatan ini selesai, mungkin Anda bisa langsung menyimpulkan bahwa tomat masuk ke dalam kategori sayuran. Namun demikian, perdebatan belum selesai. Masyarakat masih belum puas, karena tomat sangat mungkin masuk ke dalam kategori buah.

Jika ditelisik lebih lanjut lagi, tomat sebetulnya masuk ke dalam kategori buah. Hal ini mengacu pada definisi buah yang dibuat oleh Merriam-Webster. Menurut Merriam-Webster, buah merupakan produk tanaman yang mengandung biji dan umumnya bisa dimakan. Dengan demikian, tomat masuk ke dalam golongan buah karena memiliki daging yang bisa dimakan dan juga memiliki biji di dalamnya.

Banyak yang berkata bahwa tomat bukanlah buah karena rasanya yang masam. Padahal, buah tak melulu harus memiliki rasa yang manis; buah juga bisa memiliki rasa yang asam. Hal ini pun kemudian membuat masyarakat lebih setuju jika tomat masuk ke dalam kategori buah.
Nah, kalau menurut Anda sendiri, tomat masuk ke dalam kategori buah atau sayur?

Comments