Menggunakan Media Sosial Secara Sehat, Begini Caranya

Seringkali, tv kabel dan internet bertransformasi sebagai pisau bermata dua. Meski banyak manfaatnya, tak sedikit pula yang menyalahgunakannya sehingga membawa dampak negatif pada si pengguna. Namun demikian, alih-alih menutup diri dari penggunaan internetnya, mengapa tidak coba untuk mengontrol diri sendiri dalam menggunakannya? Seperti dalam penggunaan media sosial, misalnya. Kamu bisa lho menghindarkan diri dari toxic-nya media sosial dengan cara ini:
Menggunakan Media Sosial Secara Sehat

1.    Punya batasan waktu yang jelas. Idealnya, total waktu penggunaan media sosial yang sehat adalah dua jam sehari. Itu artinya, kamu menggunakan media sosial memang untuk tujuan entertainment alias hiburan semata. Kamu menjadikan media sosial sebagai sarana relaksasi untuk melepaskan diri dari kepenatan setelah bekerja. Entah itu dengan membaca thread seru di twitter atau sekadar scrolling di instagram. Memiliki batasan waktu yang jelas dan tidak terlalu terikat dengan media sosial merupakan pertanda bahwa kamu menggunakannya secara sehat.

2.    Sadar dengan konten yang diikuti. Facebook, Instagram, dan juga Twitter menawarkan banyak sekali konten. Alih-alih mengikuti berbagai akun dengan konten yang tidak jelas dan sering menyebar berita hoax, mulailah mem-filter media sosial kamu berdasarkan konten yang kamu suka. Misalnya, kamu suka menonton tv series: maka ikutilah akun-akun tv series yang sering membahas rekomendasi seri terbaru dan sesuai dengan minat kamu. Dengan demikian, kamu bisa mendapat banyak hal baru dari sana.

3.    Pikir dua kali sebelum posting. Setiap kali hendak memposting foto atau tweet, pikir dua kali sebelum menekan tombol send. Pastikan konten yang hendak kamu posting bisa dipertanggungjawabkan di kemudian hari. Hindari pula mengunggah konten berbau negatif, mengandung SARA, dan lain sebagainya. Jika konten yang hendak dibagikan bisa memancing keributan atau memiliki makna yang ambigu, sebaiknya tidak usah diposting, ya.

4.    Selalu lakukan double check. Tidak semua yang ada di internet adalah benar dan bisa dipercaya. Oleh sebab itu, kamu harus cerdas dan cerdik dalam melakukan double check. Selalu bersikap skeptis, cek dua kali sebelum memercayainya, dan periksa apakah sumbernya valid atau tidak.
Itu dia beberapa hal yang bisa dijadikan bahan pertimbangan agar kamu bisa menggunakan media sosial secara sehat. Semoga bermanfaat, ya!

Comments