Pilih-Pilih Kursi Kantor Agar Tak Mudah Lelah

Agar bisa bekerja dengan fokus dan konsentrasi penuh, situasi kantor haruslah dibuat sekondusif mungkin. Di mana pun kantornya, entah ruang kerja konvensional, shared office, atau coworking space jakarta, ruang kerja harus didesain sedemikian rupa agar orang yang bekerja di sana bisa menyelesaikan pekerjaannya dengan nyaman. Namun demikian, kenyamanan bekerja tak hanya berputar pada interior kantor atau ambience-nya saja. Hal sesederhana kursi ternyata sangat berpengaruh, lho.
office desk
(source: harveynorman)

Ya, mengingat sebagian besar aktivitas kamu saat di kantor melibatkan meja dan kursi, tentu kursi kantor pun harus dipilih dengan hati-hati. Berikut beberapa bahan pertimbangannya:

1.    Pengatur ketinggian. Mengingat tinggi badan setiap orang berbeda, kursi kantor yang bisa diatur ketinggiannya sangat membantu, lho. Sebab posisi duduk yang benar ketika bekerja adalah kedua kaki menapak dengan stabil di permukaan lantai. Dengan menggunakan kursi yang memiliki pengatur ketinggian, kamu bisa menyesuaikan tinggi kursinya menjadi senyaman mungkin. Ketika kamu harus berpindah meja pun, posisi dudukmu bisa menyesuaikan dengan mudah.

2.    Sandaran punggung. Pilihlah kursi kantor yang dilengkapi dengan sandaran punggung yang mengikuti bentuk tulang. Itu artinya, kursi tersebut memiliki sandaran yang agak melengkung. Hal ini dimaksudkan agar kamu bsia duduk nyaman selama bekerja dan tidak mudah lelah. Ketika kamu duduk di kursi yang tak ada sandarannya, tentu rasanya tidak nyaman dan membuat kamu mudah pegal. Agar hal itu tidak terjadi, pilihlah kursi yang memiliki sandaran punggung, ya.

3.    Sandaran kepala. Tak hanya sandaran punggung saja yang penting, sandaran kepala juga wajib ada di kursi kantormu. Terkadang setelah lelah bekerja dan ingin beristirahat sejenak, menyandarkan kepala di kursi bisa membantumu untuk rileks. 

4.    Dudukan yang empuk. Jangan lupa juga untuk mengecek kualitas dari alas kursinya. Usahakan untuk memiliki kursi kantor yang memiliki dudukan yang empuk. Patut diingat bahwa kamu akan duduk di kubikel setidaknya 8 jam setiap hari. Untuk itu, memilih kursi dengan dudukan yang empuk merupakan hal yang wajib agar kamu bisa duduk dengan nyaman.
Semoga membantu, ya!

Comments