Ini Cara Memulai Bisnis Penginapan Homestay yang Menguntungkan!

Dirangkum dari finansialku.com, bisnis penginapan homestay sebenarnya merupakan bisnis yang menguntungkan. Lihat saja, di luar negeri banyak orang yang menekuni bisnis homestay yang bisa menjadi opsi tempat tinggal bagi para mahasiswa yang kuliah di luar negeri. Namun sayangnya banyak orang yang masih ragu untuk melakukannya. Mungkin karena modal yang diperlukan cukup besar. Padahal, hal tersebut masih bisa diatasi dengan mengajukan pinjaman usaha

Pasalnya, gaya hidup masyarakat di Indonesia sekarang ini sudah bergeser. Dibandingkan menggunakan uang untuk belanja, masyarakat kelas menengah ke bawah hingga ke atas kini lebih memilih untuk traveling. Nah, umumnya para traveler lebih memilih untuk menginap di homestay ketimbang hotel. Salah satu alasannya adalah harga yang lebih terjangkau. Karena itu, bisnis penginapan homestay bisa dibilang cukup menjanjikan. Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan untuk memulai bisnis penginapan homestay. 
source: bedandbreakfast

•    Mencari lokasi yang sesuai
Jika Anda tidak memiliki properti lebih, maka Anda bisa mencoba untuk membeli atau membangun penginapan. Namun ingat, lokasi yang dipilih harus sesuai dengan target pasar dan lakukanlah riset terlebih dahulu.

•    Sesuaikan dengan kemampuan
Meskipun modal bisa didapatkan dari dana pinjaman atau dengan berbagai cara, tetap saja jangan memaksakan kehendak. Sesuaikan properti yang Anda sewa atau beli dengan kemampuan. 

•    Menentukan konsep penginapan
Nilai estetika penginapan merupakan hal yang perlu diperhatikan demi menarik pengunjung. Karena itu, pikirkanlah konsep dan tema penginapan secara matang. Misalnya saja ketika Anda memilih lokasi di dekat wisata pegunungan, maka tema penginapan bisa disesuaikan dengan alam seperti rustic, vintage, dan lain-lain. Eksterior dan interior yang unik bisa saja menjadi daya tarik yang kuat dari penginapan homestay Anda.

•    Mengutamakan pelayanan dan kenyamanan

Selain menentukan konsep yang pas, pelayanan dan kenyamanan pelanggan juga merupakan hal yang utama. Karena itu, pastikan staff memiliki pengetahuan yang cukup mengenai hospitality. Kebersihan juga perlu diperhatikan secara rutin agar pelanggan merasa nyaman.

•    Menentukan strategi pemasaran yang jitu
Terakhir dan tak kalah penting, Anda juga perlu menggunakan strategi pemasaran yang jitu. Sekarang ini salah satu strategi pemasaran yang efektif adalah memanfaatkan dunia digital. Misalnya dengan mempromosikannya lewat selebriti yang terkenal di media sosial. 

Masih ada banyak cara lho, yang bisa Anda terapkan untuk membuat bisnis penginapan homestay yang sukses. Karena itu, Anda tak perlu ragu untuk memulai bisnis ini! Selain penginapan homestay, Anda juga bisa menekuni bisnis lain yang sangat minim modal, contohnya seperti membuka pesanan kue. (Rima)

Comments